batik joessbalskid

Selasa, 04 Februari 2014

CARA MEMANCING IKAN WADER DAN IKAN KLUMO/LUNJAR

memancing adalah hoby yang positif, perlu untuk digaris bawahi bahwa manusia hidup itu perlu memiliki hoby, dan tentunya  hoby yang perlu dimiliki adalah hoby yang positif. hoby positif akan menjauhkan kita dari hal-hal yang negatif. hoby memancing bisa menjadi salah satu sarana pilihan bagi para pembaca untuk mengisi waktu luang maupun untuk merefresh otak setelah berhari-hari bekerja. sebagai tambahan memancing ikan lunjar dan wader sawah memiliki sensasi yang berbeda dari memancing ikan-ikan jenis besar seperti yang ada dilaut lepas secara ikan ini sangat kecil, dan gaya tarikannya juga bisa dikatakan sama sekali tak terasa menggigit, namun kelebihan dari memancing ikan ini adalah kita bisa balapan sama rekan mancing kita, misalnya saja nanti yang kalah bisa mijitin yang menang, hehehehehe pengalaman pribadi !!!!!
dari penulis selamat membaca semoga betah ya baca-baca tulisan ane.heheheheh

j          
o         
e          
s          
s          
            
ikan wader adalah jenis ikan yang banyak kita jumpai disungai-sungai air tawar maupun disawah-sawah yang airnya melimpah, habitat ikan ini bisa dikatakan disetiap sungai di indonesia khususnya pulau jawa pasti ada ikan wadernya. jikalau ada sungai yang jarang dijumpai ikan wader, berarti didalam sungai tersebut banyak sekali terdapat ikan predatornya. karena ikan wader dalam urutan rantai makanan menjadi ikan yang dimangsa bukanlah ikan yang memangsa.
ikan wader memiliki jenis yang beragam, dari masing-masing jenis bisa dibedakan berdasarkan warna, dan ukuran. sebagai tambahan informasi biasanya ikan wader ini memilki nama yang berbeda-beda di setiap wilayah, yaa mungkin dikarenakan faktor budaya masing-masing daerah yang berbeda sehingga kadang ikan ini namanya juga berbeda.
ragam jenis ikan wader sangat banyak misalnya wader ijo, wader srepeng, wader sawah, wader bulan, dan masih banyak lagi.
berikut adalah foto wader sawah :


wader sawah biasanya memiliki ukuran yang lumayan kecil, panjang ikan ini maksimal 10 cm dan tidak bisa lebih besar lagi. kalau ada ikan wader seperti foto diatas dan memiliki panjang atau ukuran lebih besar dari yang sudah disebutkan diatas, pastilah itu adalah jenis wader lain.
perhatikan macam jenis ikan wader berikut ini agar pembaca maniak mancing wader atau yang masih pemula bisa membedakan perbedaan dari masing-masing jenis ikan wader yang ada. ini guna untuk mempersiapkan pakan pilihan yang nantinya akan kita gunakan untuk memancing ikan tersebut. karena setiap jenis ikan wader memiliki jenis makanannya sendiri-sendiri, atau tidak sama.
 

dari dua foto-foto tersebut bisa kita mengetahui bahwa ragam jenis ikan wader itu sangat banyak, maaf untuk sementara foto-foto macam jenis ikan wadernya masih 3 dulu, heheheh yang lainnya nanti nyusul
ups ane kelupaan nih, ni ane kasih foto ikan klumo atau biasa disebut juga ikan lunjar, ikan ini biasanya hidupnya berdampingan nih sama wader sawah. bisa dikatakan kalau ada klumo pasti ada wader sawah.



setelah sedikit informasi diatas, langsung aja nih masuk ke inti bab permasalahannya
untuk memancing ikan wader khususnya wader sawah sama klumo atau lunjar peralatan yang dibutuhkan adalah :

j
o
e
s
s

1. walesan/ pancingan, bisa menggunakan kail buatan sendiri dari bambu, kayu atau kail buatan pabrik

2. senar, usahakan gunakan senar dengan diameter ukuran kecil (paling kecil malah lebih baik)

3. patis, usahakan gunakan yang nomor 2 dari urutan kail yang paling kecil

4. bandul apung, gunakan yang kecil pula biar nanti kalau dimakan bisa langsung kelihatan

5. umpan atau pakan, untuk umpan ikan wader sawah dan lunjar paling ampuh adalah menggunakan         kroto atau rayap putih. kalau misal menggunakan cacing ?????? bisa juga si tapi nanti resikonya yang mancing bisa jadi cacingan hahahahahahahah
kalau misalnya mancingnya menggunakan trik mancing dasar dengan parabola (patis bercabang 4) bisa tuh menggunakan pelet buatan sendiri atau pelet yang beli dari pabrikan. kalau mau pakai pelet dari pabrikan saya kasih masukan gunakan saja merk takari karena merk tersebut sudah saya buktikan lumayan ampuh dan daya lekatnya juga baik sehingga pakan tidak mudah lepas dari parabola yang kita gunakan.
kalau mau buat pakan sendiri nih tak kasih resepnya....
pertama-tama siapkan tempe, bawang putih sama margarin, usahakan tempe yang kita gunakan adalah tempe yang sudah agak lama jangan yang masih segar atau baru, bawang putihnya jangan terlalu banyak !!!!! sedikit saja atau secukupnya saja karena nanti kurang mengena pada ikan. atau istilah kerennya kurang mantep. blender tempe tadi dengan bawang putih hingga halus, terus campurkan margarin secukupnya saja sebagai pelekat pakan buatan agar nantinya tidah mudah terlepas dari parabola.
setelah semuanya siap !!!!!!!!!!!!!! langsung deh ke lokasi.


j
o
e
s
s

dari penulis meminta maaf jika ada kesalahan informasi yang penulis berikan, masukan dan kritikan dari pembaca adalah yang penulis harapkan.
salam joess

7 komentar:

  1. mantap gan !!!!!!!!!!! infonyaaaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih gan sudah mengunjungi blog ini

      Hapus
  2. wahh, um joes udah mulai nulis blog nihhh

    BalasHapus
  3. kontaknya mas joess... saya pengen berguru

    BalasHapus
  4. Pernah liat yg mancing wader dgn umpan tempe bosok, memang joss

    BalasHapus